Amandemen UUD 45: Ini Pengertian, Sejarah dan Hasilnya

ilustrasi

Apa sih Amandemen itu? Pengertian Amandemen adalah suatu proses penyempurnaan terhadapn satu Undang-Undang tanpa melakukan perubahan terhadap Undang-Undang, atau bisa dikatakan hanya melengkapi dan juga memperbaiki beberapa rincian dari Undang-Undang yang asli.

Pengertian amandemen berdasarkan hukum tata negara merupakan hak yang dimiliki oleh legislatif untuk melakukan dan memberikan suatu usulan terhadap perubahan dalam rancangan Undang-Undang yang telah diajukan oleh pemerintah, dalam hal ini yang dikatakan pemerintah adalah pihak eksekutif.

Amandemen sendiri berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari to amend atau juga sering dikenal dengan to maker better, jika kita artikan dalam bahasa Indonesia adaah suatu hal yang dilakukan untuk melakukan perubahan atau penambahan terhadap suatu peraturan, dalam hal ini Undang-Undang.

Ada beberapa hal yang dlakukan dalam melakukan amandemen, diantaranya menambah beberapa ketentuan atau juga pasal. Merevisi atau memperbaiki pasal-pasal yang belum sempurna atau belum rinci serta mengurangi beberapa pasal yang dianggap perlu dalam suatu rumusan naskah undang-undang.

Alasan dan Tujuan Amendeman

DIlakukannya amandemen adalah untuk menyempurnakan beberapa ketentuan, aturan yang menjadi dasar dalam tatanan negara Indonesia, sehingga dengan dilakukannya amandemen tersebut diharapkan nantinya bisa mencapai tujuan nasioanal dan juga kesejahteraan masyarakat Indonesia dan juga bisa melindungi hak-hak asasi manusia yang sesuai dengan peradaban.

Alasan terjadinya amandemen sendiri adalah karena adanya kekuasaan yang terlalu dominan yang ada di tangan eksekutif dan legislatif, terlalu sedikitnya pengaturan mengenai HAM serta juga dinilai mulai lemahnya sistem ketataegaraan Indonesia melalui checks and balances.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan