Bupati Morowali Buka Pelatihan Kewirausahaan

Morowali – Bertempat di Gedung Serba Guna Ahmad Hadie, Selasa (15/10/19), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Daerah Kabupaten Morowali menggelar Pelatihan Kewirausahaan dengan tema “Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mikro Kecil yang Terintegrasi, kita wujudkan UMKM Handal, Mampu, Tangguh dan Mandiri menuju Masyarakat Morowali Sejahterah Bersama”.

Pelatihan Kewirausahaan dibuka Bupati Morowali, Drs. Taslim. Juga dihadiri Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin,. S.Ag,. S.Pd,. M.Pd, Kadis Koperasi dan UMKM, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, Creative Preneur C. Rockets Indonesia Jakarta, Sabar P. Situmorang, Pejabat Struktural Marjan Maguna, MH, Kepala-Kepala OPD, Para Camat dan para Kepala Desa serta peserta pelatihan.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim penyelanggara kegiatan, Darwin Nuhun, SE, mengatakaan peserta pelatihan berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Morowali yaitu, Kecamatan Bungku Selatan, Bungku Pesisir, Bahodopi, Bungku Timur, Bungku Tengah, Bungku Barat dan Bungku Pesisir berjumlah sebanyak 40 orang, tujuan diadakannya kegiatan ini agar dapat memberikan pengetahuan kewirausahaan bagi pelaku UMKM yang menjadi peserta pelatihan.

Drs. Taslim mengatakan dengan dihadirkan camat dalam kegiatan pelatihan agar ilmu yang didapatkan pada kegiatan pelatihan ditranfer kembali kepada seluruh masyarakatnya, Sejatinya, seluruh kepala OPD harus selalu meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaan agar apa yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Morowali dapat terpenuhi guna meningkatkan kesejahteraan bersama, ujarnya saat membuka pelatihan.

Lanjut Taslim, di beberapa daerah telah memanfaatkan potensi lokal untuk dijadikan ruang usaha. Artinya, untuk membangun Morowali harus mampu menyiapkan objek usaha dan Sumber Daya Manusia (SDM) agar Masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki wilayah Morowali sebagai peluang ekonomi. Olehnya itu masyarakat juga mampu meyakinkan kepada investor dan pelaku usaha lainnya , bahwa daerah ini sangat kondusif dan Potensial untuk berinvestasi.

“Untuk Morowali Bupati dan Wakil Bupati tidak perlu energi besar untuk membangun potensi daerah karena Morowali sudah didukung kekayaan sumber daya alam yang ada dengan kemampuan memberikan pelayanan yang prima, ini memudahkan pelaku usaha dan investor. Dengan itu sudah sangat membantu kelancaran melakukan investasi, dan tetap harus sesuai aturan yang ada,” urai mantan anggota DPRD Morowali ini.

Bupati sangat mengharapkan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan dapat menyadarkan para pelaku UMKM betapa pentingnya ilmu kewirausahaan.

Demikian pula kegiatan ini ilmunya dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah serta menambah wawasan yang dapat menumbuhkan jiwa entrenuership peserta dan sinergitas kegiatan OPD selalu mengarah pada penguatan ekonomi masyarakat. /

‘Kepala OPD harus memiliki kemampuan kewirausahaan sehingga dapat menghasilkan kegiatan yang memiliki nilai ekonomis dan propit,” tutup Taslim.

Kontributor: iqbal mirza

Loading...

Tinggalkan Balasan