Gandeng Dinkes, Rutan Kelas IIB Serang Lakukan Screening TBC bagi Warga Binaan

Serang – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Serang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Serang dalam rangka melakukan Screening TBC bagi warga binaan Pemasyarakatan (WBP) di Blok hunian Rutan Serang. Senin (28/06/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Serang Aliandra Harahap, menjelaskan bahwa Screening TBC adalah prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi tuberkulosis (TBC) atau tidak. Tuberkulosis merupakan infeksi bakteri serius. Infeksi ini terutama menyerang paru-paru, tapi juga dapat terjadi pada bagian lain tubuh. Misalnya, otak, tulang belakang, dan ginjal.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini dilakukan terhadap 100 warga binaan Rutan Serang setelah dilakukannya Screening TBC diharapkan hasilnya tidak ada yang mengidap penyakit TBC,” ucap Aliandra Harahap.

Tujuan kegiatan tersebut, lanjut Aliandra Harahap, adalah untuk mengetahui penemuan TB secara aktif dan masif serta terstruktur, sehingga kita mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengobatan secara dini dan memastikan untuk memutus rantai penularan pada yang lainnya. (Herman)

Loading...

Tinggalkan Balasan