Ikut Ajang Wintex 2019, Tim dari UNM Raih 1 Emas, 2 Perak dan 2 Perunggu

Tim dari Universitas Negeri Malang (UNM) meraih 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu pada ajang 2nd World Invention Technology Expo (Wintex) 2019 di Taman Mini Indonesia Indah
Tim dari Universitas Negeri Malang (UNM) meraih 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu pada ajang 2nd World Invention Technology Expo (Wintex) 2019 di Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta – Ajang 2nd World Invention and Technology Expo (Wintex) 2019 yang diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) di Grand Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada 9-12 Oktober 2019 lalu diikuti berbagai negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Adapun perwakilan negara yang mengikuti ajang tersebut dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Korea, Japan, Mesir, India, Sri Lanka, Polandia, Arab Saudi, Kroasia, Canada dan Amerika dengan jumlah Inovasi 250 karya dari Indonesia serta Internasional. Begitu juga dengan Universitas Negeri Malang (UNM) yang mengirim 5 tim untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Diajang tersebut, UNM berhasil menyabet 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu.Salah satu karya yang dipamerkan tim dari UNM adalah Zeolit Sintetis untuk katalis hidrolisis selulosa menjadi glukosa dengan bantuan Ultrasonik.

“Kami memamerkan karya Katalis Zeolit. Katalis Zeolit ini dibuat dari pasir pantai. Zeolit ini berfungsi sebagai katalis (pemercepat reaksi) mengubah selulosa yang berasal dari limbah pelepah batang pisang menjadi glukosa yang dapat diubah menjadi bioetanol, bahan bakar terbarukan yang menjadi angin segar bagi alternatif bahan bakar fosil yang semakin menipis,” ujar Roy menjelaskan hasil karya dirinya dan tim.

Selain dapat memamerkan hasil karya sendiri dan tim, dalam ajang ini Roy berharap dapat wawasan baru dari karya-karya lainnya yang dipamerkan.

“Dapat wawasan baru dari karya-karya orang luar negeri,” tandas Roy melalui pesan singkat WhatsApp. (mw)

Loading...

Tinggalkan Balasan