Ikut Aliran Sesat, Puluhan Orang di Pandeglang Taubat

Rakor Bakor Pakem Kabupaten Pandeglang
Rakor Bakor Pakem Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG – Tim Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) Kabupaten Pandeglang, Kadinsos Pandeglang, Kapolres Pandeglang, Dandim 06/01 Pandeglang dan Ketua MUI Pandeglang gelar rapat koordinasi terkait dengan adanya aliran Balaka Suta dari Aliran Hakekok yang ada di Ds. Banyuasih Kec Cigeulis Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Sabtu (13/3/2021).

Rakor tersebut merupakan tindak lanjut terkait 16 orang warga yang diamankan Polres Pandeglang saat menggelar ritual mandi bersama di tengah perkebunan kelapa sawit milik PT GAL yang berada di Desa Karangbolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Diduga mereka tengah melakukan ritual suatu aliran kepercayaan tertentu.

Saat ditemui, Ketua Kejaksaan Negeri Pandeglang Suwarno, menyampaikan bahwa ke 16 orang tersebut akan dilakukan pembinaan.

“Tadi pagi saya dengan Kapolres beserta dengan Pak Dandim Pandeglang telah melakukan pertemuan dengan para tokoh di wilayah Kec. Cigeulis, pertemuan saya dengan para unsur terkait untuk membicarakan antisipasi hal – hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Sabtu (13/03/2021).

Menurut Suwarno, dalam pertemuan tersebut beberapa hal akan dilakukan, diantaranya membimbing para pengikut kepercayaan yang salah dengan mengalokasikan ke tempat singgah di Cidahu.

Pihak kepolisian dari Polres Pandeglang sendiri telah melakukan pengamanan di sekotar tempat kejadian untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut dikatakan Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi.

“Untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak di inginkan, perlu penanganan dan antisipasi secara cepat oleh Bakor Pakem Kabupaten Pandeglang, dengan melakukan pendalaman terhadap para pengikut dan ajaran tersebut agar dapat diketahui maksud dan motifnya,” ucapnya.(herman)

Loading...

Tinggalkan Balasan