Kementerian Kominfo Dorong RUU Perlindungan Data bagi Masyarakat

Menteri Kominfo, Johnny G Plate saat mengikuti rapat bersama anggota DPR RI Komisi I, Jakarta, Selasa (5/11). (Foto: Kominfo RI)

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI diberikan kewenangan oleh negara untuk melindungi hak-hak masyarakat sipil. Menurut Menteri Kominfo, Johnny G Plate, dikutip dari laman kominfo.go.id mengatakan hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan Tim AIS yang notabene bertugas selama 24 jam.

Baca Juga: Begini Cara Kominfo Cegah Konten Hoaks

“Kominfo mempunyai unit yang melakukan cyber patroli, dilakukan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Kita harapkan bahwa dengan adanya cyber patroli ini, kita pastikan civil right itu terlindungi,” kata Menteri Johnny di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Ditambahkan Menteri Johnny, bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang mengingatkan soal kedaulatan data juga harus terlindungi.

“Saat ini data-data termasuk data pribadi warga negara itu tersebar di banyak aturan dan undang-undang, sangat sektoral dan parsial. Kita inginkan untuk melakukan kompilasi ini di dalam satu undang-undang,” lanjutnya menjelaskan.

editor: mw
sumber: Kominfo RI

Loading...

Tinggalkan Balasan

1 Komentar