Lembaga Hisab Falakiyah Almansuriyah Jakarta Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh pada 13 Mei 2021

Jakarta – Lembaga hisab falakiyah Almansuriyah, Jakarta menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Menurut rekapitulasi hisab awal bulan Syawal 1442 H menurut sistem Sulamunnayyirain yang disusun tim hisab falakiyah Almansuriah yang diterima indonesian Post. Tim hisab dibawah binaan Ustad Yusuf Mansur ini bersumber dari hasil perhitungan menggunakan kitab sulamunayyirain sebagai penghantar dalam memahami penetapan awal Syawal 1442 H.

Menurut Safriudin Santika, rekapitasi tersebut bersifat normatif, disajikan secara sederhana dengan tiga persfektif pengukuran kordinat dan tiga metodologi.

“Kordinat yang digunakan adalah Kordinat Ekliptika, kordinat Ekuator dan Kordinat Horizon. Sedangkan untik metodologi yang kami gunakan adalah Eksplanasi (penjelasan), Kalkukasi (perhitungan) dan Visualisasi (gambaran),” ujar Safriudin kepada Indonesian Post, Selasa (11/5/2021).

Safriudin juga mengungkapkan dalam membuat rekapitulasi tersebut ditopang dari berbagai kitab hisab hingga buki astronomi.

“Ada 40 kita hisab – buku astronomi yang menjadi penopang rekapitulasi penetapan awal Syawal 1442 H,” lanjut Safriudin menjelaskan.

Dalam rekapitulasi tersebut dijelaskan waktu ijtima’, posisi bulan, posisi matahari, kemiringan bulan, dan kecepatan bulan.

Safriudin berharap rekapitulasi tersebut dapat bermanfaat bagi segenap umat Islam. (Mw)

Loading...

Tinggalkan Balasan