LSM KPK-Nusantara: Proyek P3-TGAI Harus Diawasi Semua Pihak

Lebak – Terkait proyek pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang ada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, salah satunya di wilayah Kecamatan Banjarsari membuat Aminudin, Sekertaris DPD LSM Komunitas Pemantau Korupsi (KPK)-Nusantara angkat bicara.

Menurut Aminudin, pada pekerjaan proyek tersebut harus benar-benar diawasi semua pihak agar pekerjaan sesuai dengan harapan.

“Semua pihak harus ikut mengawasi agar pekerjaan sesuai,” ujar Aminudin.

Ada Oknum Menakut-nakuti Kades

Terkait informasi yang ia dapat ada kepala desa yang ditakut-takuti oleh oknum saat konfirmasi pekerjaan P3-TGAI, Amin mengatakan jika pekerjaan sesuai tidak harus takut.

“Ketika ada oknum yang menakut-nakuti, kenapa Kepala desa dan Ketua pelaksana pekerjaan P3-TGAI harus takut, jika anda yakin bahwa anda tidak melakukan kesalahan soal pelaksanaan program P3-TGAI,” ucap Amin di kantornya.

Amin pun mempertanyakan kepala desa yang memberi uang ke oknum terkait pekerjaan tersebut.

“Ketika ada oknum meminta uang, apakah sebagai kepala desa dan P3A memberinya! Jika diberi sejumlah uang, sayapun bertanya-tanya dengan dasar apa anda memberinya. Meskipun persoalan memberi uang atau tidak itu hak kades/P3A,” papar Aminudin.

Jika merasa ditakut-takuti, lanjut Aminudin, kenapa mereka tidak melaporkannya kepada pihak yang berwenang secara hukum, karena menakut-nakuti jelas meresahkan, meminta uang bisa jadi unsur pemerasan.

“Mereka harus segera melaporkan oknum yang mereka maksud kepada pihak yang berwenang secara hukum, supaya terang benderang siapa oknum yang sebenarnya,” tandasnya.

Amin juga berharap kepada pihak terkait di proyek P3-TGAI bersikap kooperatif dan jujur dalam menjawab pertanyaan awak media seputar proses pekerjaan tersebut.

“Harus bersikap kooperatif dan jujur menjawab setiap pertanyaan media, karena bagaimanapun kegiatan anda dibiayai uang negara yang harus dikontrol semua pihak. Maka dari itu laksanakan kegiatan dengan baik dan benar supaya tidak ditemukan kesalahan,” tandasnya. (herman/adi/andi)

Loading...

Tinggalkan Balasan