Penjahat Kambuhan di Duren Sawit Nyaris Dibakar Massa

Ilustrasi

JAKARTA – Seorang pria kepergok menjarah sebuah dompet pemilik warung kopi di Jalan Soekamto, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (3/1/2021) malam.

Pelaku yang dikejar dan diteriaki maling itu pun akhirnya tertangkap, bahkan nyaris dibakar warga yang geram akan aksinya.

Bacaan Lainnya

Pelaku tersebut adalah RA (34), menjadi bulan-bulanan warga yang geram akan aksinya. Beruntung polisi dari Polsek Duren Sawit segera tiba di lokasi dan langsung menyelamatkan pelaku dari amukan warga.

Ani (38), korban mengatakan, aksi penjarahan itu terjadi saat dirinya yang tengah berjaga di warung kopi miliknya didatangi pelaku menggunakan sepeda motor. Layaknya seorang pembeli, AR memesan minuman dingin kepada Ani, yang dengan sigap melayaninya.

“Ya saya pikir pembeli biasa, waktu pesan minuman dingin langsung saya layani,” katanya, Senin (04/01/2021).

Ternyata, kata Ani, pesanan yang dilakukan itu merupakan trik pelaku. Pasalnya, ketika ia sibuk akan mengambil es batu, pelaku memanfaatkan untuk mencuri dompet miliknya dan bergegas kabur.

“Pas saya keluar, tahu-tahu dia (pelaku) pergi. Saya langsung sadar dompet nggak ada,” ujarnya.

Melihat hal itu, kata Ani, ia bergegas keluar dan meneriaki pelaku sebagai maling. Teriakan Ani pun memancing reaksi warga sekitar yang langsung mengejar pelaku hingga ke jalan Raya.

“Di depan pom bensin dia (pelaku) ditangkap warga. Dipukulin sama warga sekitar dan bahkan pengendara yang lewat,” sambungnya

Karena posisi pelaku yang sudah terpojok di depan pom bensin, sambung Ani, beberapa warga pun sempat berteriak untuk membakar pelaku. Beruntung, polisi yang cepat tiba di lokasi segera mengamankan pelaku.

“Kalau nggak ada polisi udah dibakar itu orang, apalagi banyak banget yang pukulin dia,” ungkapnya.

Karena banyaknya massa, sambung Ani, polisi pun sempat melempar tembakan ke udara untuk menghentikan aksi main hakim sendiri itu. Setelah bunyi tembakan, barulah keadaan mulai mencair dan pelaku dibawa oleh polisi.

“Karena buru-buru itu pelaku juga dibawa pakai motor,” sambungnya.

Terkait hal itu, Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit AKP Budi Setyanta mengatakan, pihaknya sudah menangkap tersangka pencurian. Sebuah dompet berisi uang ratusan ribu juga sudah disita.

“Sudah diperiksa tersangka maupun korban atas aksi tersebut,” ujarnya.

Budi menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku berinisial RA juga terlibat kasus lain. Sehingga pihaknya langsung menyerahkan pria tersebut ke Unit Reskrim Polres Metro Jakarta Timur.

“Sudah langsung kami serahkan ke polres untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Kriminal Umum (krimum) Polres Metro Jakarta Timur, AKP Abdi Harahap menambahkan, pelaku pencurian yang diserahkan ke pihaknya terlibat kasus yang lebih berat. Pasalnya, AR diketahui sebagai pelaku pembacokan pada aksi tawuran tahun 2018 lalu.

“Makanya pemeriksaannya kami yang lakukan mengingat kasus berat yang pernah dilakukan,” tambahnya. (Ind)

Loading...

Tinggalkan Balasan