Petugas Gabungan Gerebek Lumpur di Wilayah RW 08 Kedoya Utara

Istimewa

JAKARTA – Petugas gabungan melakukan gerebek lumpur dan sampah di lingkungan RW 08 Kelurahan Kedoya Utara Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Minggu (07/03/2021).

Dalam kegiatan itu ada sekitar 300 personel gabungan Sudis Pertamanan dan Hutan Kota, SDA, LH, unit teknis terkait, PPSU dan unsur lainnya, kegiatan diawali apel. Selanjutnya personel yang dibagi menjadi lima tim langsung menyebar di lingkungan RT 01 dan 02 RW 08 untuk mengeruk, mengangkut-membersihkan lumpur dan sampah dari saluran air.

Bacaan Lainnya

Hadir Wakil Wali Kota Jakbar Yani Wahyu Purwoko, Asekbang Fredy Setiawan, Aspem Yunus Burhan, sejumlah kasudis, camat, TNI-Polri, aparat wilayah setempat, ketua RW 08 beserta para RT dan warga masyarakat.

“Hari ini, kami bersama jajaran kerja bakti gerebek lumpur dan sampah di lingkungan RW 08 Kedoya Utara. Jumlah personel sekitar 300 petugas gabungan unit unit terkait. Kita kerahkan untuk membantu warga agar saat turun hujan terbebas dari genangan, paling tidak meminimalisir terjadinya genangan,” ujar Uus.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut untuk antisipasi pasca banjir dan genangan di lingkungan RW 08 beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan evaluasi, ada beberapa lokasi perlu ditindaklanjuti terkait dengan adanya pendangkalan anak-anak kali termasuk saluran saluran yang ada di wilayah Kedoya Utara khususnya di lingkungan RW 08,” tambahnya.

Uus menuturkan, kegiatan gerebek lumpur dilakukan untuk menindaklanjuti dan antisipasi jangan sampai setelah tempo hari terjadi genangan lagi di kawasan ini.

“Kita lakukan upaya upaya perbaikan, karena masih ada lokasi lokasi terutama saluran pasca banjir dan genangan kemarin endapan lumpurnya meningkat,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, wilayah RW 08 Kedoya Utara termasuk kawasan rawan genangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, rencananya akan dibangun pintu air dan rumah pompa di sekitar lingkungan RT 01 dan 02/08.

“Mudah-mudahan untuk tahun ini apabila proses pembangunan bisa berjalan, nantinya akan membantu masyarakat terhindar dari banjir dan genangan yang rutin setiap hujan/rob,” jelas Uus.

Kegiatan ini adalah antisipasi jangka pendek setelah terjadi genangan beberapa waktu lalu. Untuk jangka panjang, Insya allah tahun ini akan dilakukan pembangunan pintu air dan pompa air di Anak Kali Angke.

“Yang nantinya itu akan mengatur ketinggian atau debit air di kawasan ini,” tandasnya. (Ind)

Loading...

Tinggalkan Balasan