Tahu Gak Sih, Kapan Asal Mula Rujak Mulai Ada

Ilustrasi rujak

Jakarta – Makanan yang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita di tanah Jawa, rujak menjadi makanan yang memiliki rasa sensasional dan bersejarah.

Di tanah Jawa sendiri ada tradisi semacam ritual selamatan tujuh bulanan untuk wanita yang sedang hamil. Ritual tersebut diadakan pada saat usia kehamilan genap tujuh bulan yang biasanya disajikan berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah adanya rujak manis.

Berdasarkan kepercayaan, ketika sajian rujak manis tersebut memiliki rasa yang segar dan manis, maka anak yang dikandung akan lahir berjenis kelamin perempuan. Tapi, saat rujak yang dijadikan ternyata memiliki rasa yang sepat dan pedas maka anaknya akan lahir laki-laki.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata salah satu sajian makanan dalam ritual Jawa tersebut semakin banyak diminati orang. Bahkan, ketika seorang wanita hamil muda, banyak dari mereka yang menyukai mengkonsumsi rujak manis yang menyegarkan.

Perpaduan rasa dari buah yang manis, pedas, asam, dan segar membuat banyak orang menyukai salah satu kuliner tradisional yang mendunia ini. (mw)

Loading...

Tinggalkan Balasan