Alat Deteksi GeNose C19 Bakal Dipasang di Terminal Bus Tipe A

Istimewa

JAKARTA – Alat deteksi Covid-19, GeNose C19, akan dipasang di terminal bus tipe A. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

“Iya, di Terminal tipe A Jakarta,” kata dia saat dihubungi, Minggu (07/02/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pemasangan direncanakan di Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan di Jakarta Timur, Terminal Kalideres, Jakarta Barat dan Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penggunaan GeNose sudah berlaku di Terminal Pulogebang mulai hari ini. Syafrin mengatakan, di terminal itu mulanya mengacu pada hasil pemeriksaan rapid test antigen.

Masyarakat dapat memanfaatkan GeNose secara cuma-cuma.

“Untuk saat ini arahan Pak Menteri (Perhubungan) itu gratis,” ujar Syafrin.

Sekadar diketahui, GeNose C19 adalah alat pendeteksi Covid-19, inovasi dari Universitas Gadjah Mada. GeNose melakukan pemindaian melalui embusan napas pasien Covid-19. Dengan bantuan software Artificial intelligence, GeNose bisa membedakan sampel napas yang diduga positif Covid-19 atau negatif.

Menurut situs resmi UGM, GeNose diklaim bisa mendeteksi Covid-19 lebih cepat dengan lama waktu pendeteksian sekitar 80 detik. Tarifnya pun diperkirakan lebih murah, yaitu Rp 20 ribu satu kali tes dengan akurasi lebih dari 90 persen. (Ind)

Loading...

Tinggalkan Balasan