Baru 4 Bulan Selesai Kondisi Jalan Baros – Petir Rusak, Anggaran Rp 2 M Lebih Diduga Disunat

Plang proyek rehabilitasi jalan akass Baros Petir Kabupaten Serang Banten kiri Kondisi aspal jalan rusak kanan
Plang proyek rehabilitasi jalan akass Baros Petir Kabupaten Serang Banten kiri Kondisi aspal jalan rusak kanan

KAB SERANG – Ruas jalan Baros – Petir yang baru rampung r bulan telah hancur/rusak. Rehabilitasi jalan akses Baros – Petir kabupaten Serang, dengan sumber dana APBD-P Provinsi Banten tersebut diketahui menelan anggaran Rp 2 miliar lebih, tepatnya Rp2.036.422.000,00- namun kualitasnya tidak sesuai dengan nilai pekerjaan sebesar itu. Diduga anggaran disunat oknum pelaksana dan dinas.

Pekerjaan rehabilitasi jalan tersebut yang diketahui dimulai pada Oktober 2022 dikeluhkan warga sekitar. Dengan kondisi saat ini yang sudah berlubang, warga khawatir kedepannya jalan makin rusak parah.

“Baru bulan Januari Sudah banyak lubang, bagaimana nanti,” ujar salah seorang warga sekitar berinisial R (44).

R menjelaskan, pada saat pengerjaan jalan pihak kontraktor terkesan terburu-buru mengerjakan proyek tersebut karena waktu pengerjaannya hanya 40 hari kalender. Bahkan kualitas aspal pun terlihat tipis.

“Pelaksanaannya diduga tidak sesuai spesifikasi karena tampak sangat tipis, seolah batu Aggregat A kurang dari (0.15), aggregat B kurang dari (0.20) dan Hotmix AC-WC tidak (t=4cm),” ujarnya.

Terlihat pada papan nama proyek, tertulis nomor kontrak L61/219/SPK/UPTDPJJSC/DPUPR/XI/202 dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Serang – Cilegon.

Proyek dengan panjang 2.230 meter, lebar 3 meter dan luas 6.690 m² tersebut dikerjakan oleh pelaksana konstruksi PT. Banten Putra Konstruksi.

Diharapkan kepada penegak hukum agar dapat memproses pihak-pihak yang diduga mencoba merugikan negara lewat sebuah proyek.(tim)

Loading...

Tinggalkan Balasan