Bawa 222 Penumpang, Pesawat Lion Air dari Surabaya – Makassar Alami Insiden

Bandara Internasional Juanda. (foto: ist)

Jakarta – Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-800 dan nomor registrasi PK-LHR dari Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur tujuan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan mengalami insiden, Rabu (18/5/22) petang.

Informasi yang diterima Indonesian Post, insiden tersebut akibat pesawat menabrak burung di udara (bird strike) dan harus kembali mendarat ke bandara asal setelah 15 menit mengudara.

“Pesawat Lion Air penerbangan JT-800 dijadwalkan lepas landas pukul 16.20 WIB dengan membawa 7 (tujuh) kru dan 222 penumpang. Fase mengudara (take off) berjalan normal. Berkisar 15 menit, ada indikator di kokpit yang menunjukan indikasi tidak sesuai dengan yang semestinya, sehingga perlu dilakukan pengecekan kembali. Pilotmemutuskan kembali ke Bandar Udara Internasional Juanda (return to base/ RTB),” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers yang diterima Indonesian Post, Jumat (20/5/2022).

Meski mengalami insiden, pesawat Lion Air penerbangan JT-800 dapat mendarat dengan normal.

“Pesawat mendarat secara normal. Setelah pesawat parkir dengan sempurna pada tempatnya, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu,” lanjut Danang.

Setelah insiden tersebut, pihak Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-800 dengan pesawat pengganti yaitu Boeing 737-900ER registrasi PK-LGQ.

Atas insiden ini, pihak Lion Air terus berupaya mengantisipasi gangguan burung di sekitar wilayah penerbangan.

“Insiden bird strike akan terus dipelajari dalam operasional penerbangan, dinilai sangat perlu dikembangkan untuk mengantisipasi gangguan burung di sekitar wilayah penerbangan, sebagai keseriusan mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan,” terang Danang. (MG)

Loading...

Tinggalkan Balasan