“Kopi Restorative Justice” Polsek Kembangan Damaikan Warga di Hari Raya

Kapolsek Kembangan, Kompol Binsar H Sianturi. (Foto: istimewa)
Kapolsek Kembangan, Kompol Binsar H Sianturi. (Foto: istimewa)

Jakarta – Beredar video seorang pengendara sepeda motor memepet pengendara mobil di daerah puri kembangan Jakarta Barat dan terjadi cekcok antara pengendara pada Senin (2/5/2022).

Video berdurasi 27 detik tersebut beredar melalui jejaring sosial media group WhatsApp dan instagram salah satunya di @jktnewss dan tertulis narasi:

“Hati2 guys , baru terjadi sekitar 20 menit yang lalu istri hampir kena rampok , di Seputar Mall Puri Indah – Kembangan , Jakarta Barat.. dengan Modus langsung mencegat di depan mobil dan mengancam , ini sosok manusianya , mohon di sebar , supaya tdk terjadi kepada teman2, kerabat2, atau saudara2 kita semua, hati2 dan tetap WASPADA.”

Saat dikonfirmasi Kapolsek Kembangan Polres Metro Jakarta Barat Kompol Binsar H Sianturi mengatakan pihaknya telah bergerak cepat menanggapi adanya kejadian tersebut

“Pelaku sudah kami amankan, dan bukan kasus perampokan, sekali lagi saya tegaskan ini bukan kasus perampokan hanya kesalah pahaman saja antara pengendara motor dan mobil,” ujar Binsar saat dikonfirmasi, Rabu (4/5/2022).

Binsar menerangkan kejadian terjadi sekitar pukul 4.15 wib di sekitar kawasan CNI Puri Kembangan, Jakarta Barat, dimana seorang pengendara mobil yang diketahui bernama SR (50) warga salah satu perumahan di wilayah kembangan Jakarta Barat saat mengendarai mobil miliknya di sekitar kawasan CNI Puri Kembangan tiba-tiba dipepet oleh pengendara sepeda motor dan terjadi cekcok.

Lantaran merasa kesal oleh pelaku, kemudian pihak suami membuat narasi dan memposting di media sosial dan menyebarkan melalui group WhatsApp tentang perihal adanya percobaan perampokan.

Setelah menerima laporan terkait adanya video tersebut melalui media sosial, tim dibawah pimpinan Kanit Reskrim Polsek Kembangan AKp Reno Apri Dwijayanto melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku.

“Pelaku sudah diamankan berinisial MS (46) warga jl H Sa’ba Ujung, Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat,” terang Binsar.

Setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku, kejadian tersebut terjadi lantaran merasa kesal kepada si pengendara mobil.

“Kesal karena saat dirinya sedang nongkrong difoto-foto oleh salah satu penumpang yang berada di dalam mobil oleh karena itu dirinya mengejar mobil tersebut,” terangnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kanit Reskrim Polsek Kembangan AKP Reno Apri Dwijayanto menjelaskan pihaknya telah berhasil mengamankan pelaku kemudian mempertemukan dengan korban.

“Kami menerapkan program Bapak Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo yaitu “Kopi Restorative Justice”. Setelah dilakukan pertemuan terjadi kesepakatan antara korban sebagai pelapor dengan pelaku (terlapor-red) untuk tidak melanjutkan perkara tersebut ke ranah hukum,” ujarnya.

Lanjut Reno menerangkan pihak pelapor sudah membuat surat pernyataan tidak akan melanjutkan perkara ini dan tidak menuntut pihak terlapor baik pidana maupun perdata dan pihak terlapor sudah membuat surat pernyataan yang isinya tidak akan mengulangi perbuatannya.

AKP Reno juga mengimbau kepada masyarakat untuk bijaksana dalam bermedia sosial jika adanya informasi yang belum pasti akan kebenarannya agar segera melaporkan ke kantor kepolisian terdekat. (Mw)

Loading...

Tinggalkan Balasan