“Nyawiji Hanggayuh Mukti” Sebuah Tema di Ulang tahun Kabupaten Klaten ke-218

Klaten – Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani melalui SK Nomor: 010.4/184 tahun 2022 tanggal 30 Mei 2022 tentang pembentukan panitia peringatan hari jadi ke – 218 dan HUT ke-77 RI tahun 2022 menghimbau untuk memasyarakatkan lurik khas Klaten.

Rektor Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA), Sri Sat Titi Hamranani menindak lanjuti himbauan Bupati Klaten tersebut dalam rangka peringatan Hari jadi Klaten ke-218 hari kamis 28 Juli 2024 yang menginstruksikan kepada seluruh civitas akademika untuk mengenakan pakaian: Surjan Lurik, Celana hitam, Blangkon gaya Solo untuk yang Pria, sedang untuk wanita: Kebaya lurik bawahan jarik.

“Sebagai warga masyarkat Klaten bisa bangga dengan Pakaian identitas Kota Klaten Kota Bersinar,” ujar Sri Sat Titi Hamranani menyampaikan imbauan Bupati Klaten.

Untuk diketahui, Universitas Muhammadiyah Klaten “UMKLA” merupakan sebuah lembaga pendidikan Swasta terbesar di Klaten tentu harus ikut andil dalam mendukung pelestarian pakaian lurik khas Klaten tersebut agar bisa mendunia sebagaimana batik Indonesia, yang sudah di akui Unesco sebagai produk Indonesia.

Nyawiji Hanggayuh Mukti” adalah sebuah tema di Ulang Tahun Kabupaten Klaten, mengandung filosophin sangat mendalam, “Nyawiji” sebuah ungkapan yang berasal dari Bahasa jawa yang berarti “manunggal saiyeg saeko proyo” menjadi satu dalam “Hanggayuh” meraih “Mukti” kemuliaan seluruh warga kabupaten Klaten. Sebagai warga Klaten yang baik tentunya harus berparisipasi penuh dalam mendukung ajakan Ibu Bupati Klaten guna mewujudkan Klaten bersinar.

Semboyan Kota Klaten BERSINAR memiliki arti tersendiri sebagaimana Indonesia dengan Bhineka Tinggal Ika. Adapaun arti semboyan kabupaten Klaten BERSINAR memiliki arti;

BER : Bersih

S : Sehat

I : Indah

N : Nyaman

A : Aman

R : Rapi

Dengan semboyan tersebut diharapkan warga Klaten memiliki jiwa yang menyukai dan selalu menjaga Kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sebagai wahana terwujudnya kesehatan jiwa dan raga. Bersih dan tertata rapi akan terlihat indah,nyaman dan aman sehingga bisa menarik minat touris untuk datang ke Klaten mengingat kabupaten Klaten saat. Terlebih jika warga Klaten gemar menggunakan Produk-Produk asli Klaten seperti halnya Lurik yang betul-betul Produk asli Klaten, semoga Lurik Makin jaya dan segera di akui dunia.(*)

Loading...

Tinggalkan Balasan