Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Cengkareng Akhirnya Berhasil Ditangkap

Jakarta – Polsek Cengkareng mengamankan 4 orang pelaku yang terlibat dalam aksi pencurian rumah kosong di Jalan Mawar, Blok F 15, Kel Duri Kosambi, Kec Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (1/7/2022).

Aksi pencurian rumah kosong tersebut terekam dalam cctv dan nampak jelas 2 orang menggunakan sepeda motor berboncengan mengenakan pakaian kemeja warna putih dan berjaket levis memasuki rumah tanpa ijin.

Kasi Humas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Moch Taufik Iksan mengatakan, saat ini para pelaku yang berhasil diamankan Polsek Cengkareng telah merugikan korban ratusan juta rupiah.

“Akibat pencurian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp400 juta,” ujar Kompol Moch Taufik Iksan di lokasi, Senin (4/7/2022).

Sementara itu, Kapolsek Cengkareng, Kompol Ardhie Demastyo menjelaskan siapa saja pelaku yang berhasil diamankan pihaknya.

“4 pelaku berhasil kami amankan diantaranya berinisial AW als Y (47), CA als J, F als P dan D als M,” ujar Kompol Ardhie Demastyo

Menurut Ardhie, para pelaku ditangkap di beberapa lokasi berbeda.

“Kami mengamankan pelaku AW als Y diamankan di wilayah Bekasi kemudian dilakukan pengembangan terhadap pelaku kedua berinisial CA als J bersama istrinya F als P yang turut serta dalam membantu menyembunyikan barang bukti hasil kejahatan dan menjual barang bukti.

Tak berhenti disitu saja, pihak Polsek Cengkareng terus melakukan pengejaran terhadap pelaku penadah dan berhasil mengamankan seorang pelaku berinisial D als M di daerah Bogor, Jawa Barat.

“Dari hasil penyelidikan, didapat informasi bahwa diantara pelaku ada yang merupakan residivis kasus yang sama yaitu AW als Y (47) merupakan residivis tahun 2020 dan CA als J residivis kasus yang sama pada tahun 2018 di Palembang,” tambah Ardhie.

Ardhie menambahkan, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap 2 orang (DPO) yang bertindak sebagai penadah hasil kejahatan.

Menurut Kompol Ardhie yang belum lama ini mendapatkan reward dari Kapolres Jakbar, para pelaku merupakan spesialis pencurian di rumah kosong.

“Mereka beraksi bukan hanya di wilayah Cengkaréng saja, namun juga di wilayah Tangerang dan Bekasi. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan tingkatkan pengamanan,” ucapnya.

Untuk mempertanggung Jawabkan perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal 363 Kuhpidana dan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (mw)

sumber: Humas Polres Jakbar

Loading...

Tinggalkan Balasan