Program PS2, Mahasiswa Unma Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 bagi Takmir Masjid dan Jemaah

Pelaksanaan Program PS2 di Masjid “Nurul Huda” Dukuh Kepatihan Kota Blitar
Pelaksanaan Program PS2 di Masjid “Nurul Huda” Dukuh Kepatihan Kota Blitar

Blitar – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (Unma) mengadakan pengabdian masyarakat dengan Program PS2 (Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer, Sosialisasi COVID-19, dan Sosialisasi Vaksinasi) untuk Takmir dan Jama’ah Masjid “Nurul Huda” Dukuh Kepatihan, Kota Blitar.

Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat resah masyarakat di berbagai kota di Indonesia, salah satunya terjadi di Kota Blitar. Kota Blitar yang merupakan salah satu wilayah terdampak COVID-19 di Jawa Timur mengalami kemacetan aktivitas sosial. Kondisi tersebut menyebabkan beberapa aktivitas mengalami kendala, salah satunya aktivitas keagamaan yang dirasa semakin tidak stabil.

Penyerahan Bantuan Berupa Masker dan Hand Sanitizer Secara Simbolis
Penyerahan Bantuan Berupa Masker dan Hand Sanitizer Secara Simbolis

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Blitar pada tanggal per tanggal 15 Januari 2021, dari 21 kelurahan yang ada, kelurahan Pakunden menduduki peringkat ke-4 dengan kasus positif COVID-19 mencapai 101 pasien.

Berdasarkan data tersebut, dampak pandemi COVID-19 telah mempengaruhi aktivitas keagamaan masyarakat di wilayah Kota Blitar. Salah satunya adalah jama’ah Masjid “Nurul Huda” yang berada di Jalan Bogowonto No. 61 Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Pembatasan aktivitas keagamaan menjadikan masyarakat semakin waspada terhadap tingkat penularan COVID-19. Hal tersebut dibuktikan dari pengakuan beberapa jama’ah yang mengaku bahwa masih enggan melakukan kontak secara langsung dengan discarded COVID-19 di wilayah tersebut meskipun telah penerapan protokol kesehatan diberlakukan secara ketat oleh pemerintah desa setempat.

Adapun salah satu bagian dari penerapan protokol kesehatan adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Hand sanitizer digunakan untuk menjaga kebersihan tangan sehingga meminimalisir penularan virus dan bakteri. Pemakaian yang efektif dan efisien menjadi salah satu daya tarik dari hand sanitizer.

Selain itu, hand sanitizer dapat membunuh kuman dalam waktu yang relatif cepat. Hal ini yang menjadi alasan tim Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Negeri Malang mengadakan Program PS2 (Pembuatan Pembuatan Hand Sanitizer, Sosialisasi COVID-19, dan Sosilasisasi Vaksinasi). Tujuan program tersebut adalah untuk membantu mensosialisasikan pentingnya mengatasi penyebaran COVID-19, pentingnya adaptasi yang baik terhadap discarded COVID-19 dan vaksinasi COVID-19, serta menyajikan demonstrasi pembuatan hand sanitizer.

Program program PS2 bagi Jama’ah Masjid “Nurul Huda” telah memberikan dampak positif bagi mitra, di antaranya: mitra dapat memikiki pengetahuan jama’ah terhadap pembuatan hand sanitizer yang sesuai standar WHO (World Health Organization), mitra mengetahui bahan-bahan penyusun hand sanitizer yang mudah diperoleh dengan harga yang ekonomis. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021 hingga 19 September 2021 pada pukul 09.00 – 11.00 WIB di Aula Masjid “Nurul Huda” Dukuh Kepatihan Kota Blitar. Program PS2 telah dihadiri oleh 18 jama’ah sekaligus takmir dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Mitra menyampaikan terima kasih kepada Universitas Negeri Malang, terutama mahasiswa pelaksana pengabdian ini, dan menyampaikan harapan tahun depan dapat dilakukan kegiatan pengabdian yang relevan dengan kondisi mendatang di tempat yang sama.

Loading...

Tinggalkan Balasan