Tim SAR Temukan Jasad Bocah yang Tenggelam di Kali Pesanggrahan

Petugas mengevakuasi jasad korban tenggelam

JAKARTA – Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad Rangga Aditya, bocah 12 tahun yang hanyut di Kali Pesanggrahan Jakarta Barat pada Rabu 16 Desember 2020.

Korban ditemukan pada radius 500 meter dari lokasi kejadian sekitar pukul 16:15 WIB. Korban langsung dievakuasi menuju rumah duka.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Hendra Sudirman, menjelaskan bahwa korban ditemukan setelah usaha yang dilakukan oleh tim SAR gabungan menggunakan teknik blender dengan perahu karet menyapu aliran kali, sehingga korban yang menyangkut di dasar kali bisa timbul ke permukaan.

“Berkat sinergitas dan usaha maksimal yang dilakukan oleh tim SAR gabungan akhirnya korban kita temukan sore kemarin dan selanjutnya kami evakuasi serta kita serahkan kepada pihak keluarga,” ungkap Hendra Sudirman, Kamis (17/12/2020).

Hendra juga mengungkapkan turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa diri korban kepada pihak keluarga, serta memberikan apresiasi kepada tim SAR gabungan atas usaha dan kerja samanya dalam operasi SAR hingga korban ditemukan.

Sebelumnya, operasi SAR gabungan dimulai pada Selasa 15 Desember 2020. Pencarian dengan membagi menjadi dua, dimana SRU pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet dengan radius 3 kilometer dari lokasi kejadian, dan SRU kedua melakukan pencarian dengan pengamatan secara visual melalui jalur darat sejauh 2 kilometer dari lokasi kejadian.

Operasi SAR gabungan ini juga melibatkan puluhan personil yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Kebon Jeruk, Damkar Jakarta Barat, PMI, Tagana Jakarta Barat, Satpol PP Kedoya Selatan, PPSU Kedoya Selatan, Voulenteer Squad Emergency, Panakawan Merah Putih, Potsar Kedoya Raya, Tim Rescue Ambulance Jakarta, Dompet Dhuafa, SAR MTA, Relawan Online Indonesia, Brigade 88, SSR HAI, PALABAJA, Alkupala_M3, Tangger Rescue, Baznas Tanggap Bencana, IEA, LPBI NU DKI Jakarta, JKU Polmas Bogor, Sintas Depok, KCR, Padakojar, dan masyarakat. (Ind)

Loading...

Tinggalkan Balasan